METODE HARGA POKOK PESANAN DAN METODE HARGA POKOK PROSES

8/01/2011
METODE HARGA POKOK PESANAN  DAN METODE HARGA POKOK PROSES

Akuntansi Biaya dalam perusahaan manufaktur bertujuan untuk menentukan harga pokok per satuan produk yang dihasilkan.


Karakteristik usaha perusahaan yang produknya berdasarkan pesanan

Perusahaan yang produksinya berdasarkan pesanan mengolah bahan baku menjadi produk jadi berdasarkan pesanan dari luar atau dari dalam perusahaan. Karakteristik usaha tersebut adalah sebagai berikut :
  • Proses pengolahan produk terjadi secara terputus-putus. Jika pesanan yang satu selesai dikerjakan, proses produksi dihentikan, dan mulai pesanan berikutnya.
  • Produk dihasilkan sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan oleh pemesan. Dengan demikian antara pesanan yang satu dengan lainnya mempunyai variasi yang berbeda-beda.
  • Produksi ditujukan untuk memenuhi pesanan, bukan untuk memenuhi persediaan di gudang.

Karakteristik metode harga pokok pesanan

Karakteristik usaha perusahaan yang produksinya berdasarkan pesanan tersebut diatas berpengaruh terhadap pengumpulan biaya produksinya. Metode pengumpulan biaya produksi (metode harga pokok pesanan) yang digunakan dalam perusahaan yang produksinya berdasar pesanan adalah sebagai berikut :
  • Perusahaan memproduksi berbagai macam produk sesuai dengan psesifikasi pemesan dan setiap jenis produk perlu dihitung harga pokoknya secara individual.
  • Biaya produksi harus dipisahkan menjadi dua golongan pokok : biaya produksi langsung dan biaya produksi tidak langsung.
  • Biaya produksi langsung terdiri dari biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung. Sedangkan biaya produksi tak langsung disebut dengan isstilah biaya overhead pabrik.
  • Biaya produksi langsung diperhitungkan, sesuai dengan yang sesungguhny terjadi, sedangkan biaya overhead pabrik diperhitungkan ke dalam harga pokok pesanan berdasarkan tarif yang ditentukan dimuka.
  • Harga pokok per unit produk dihitung pada saat pesanan selesai diproduksi dengan cara membagi jumlah biaya produksi yang dikeluarkan untuk pesanan tersebut dengan jumlah unit produk yang dikeluarkan untuk pesanan tersebut dengan jumlah unit produk yang dihasilkan dalam pesanan yang bersangkutan.

Karakteristik usaha perusahaan yang produknya berdasarkan proses

Metode pengumpulan biaya produksi ditentukan oleh karakteristik proses produksi perusahaan. Dalam perusahan yang berproduksi massa,karakteristik produksinya adalah sebagai berikut :
  • Produksi yang dihasilkan merupakan produk standar.
  • Produk yang dihasilkan dari bulan kebulan adalah sama.
  • Kegiatan produksi dimulai dengan diterbitkannya perintah produksi yang berisi rencana produksi produk standar untuk jangka waktu tertentu.

Perbedaan Metode Harga Pokok Proses dengan Metode  Harga Pokok Pesanan

Untuk memahami karakteristik metode harga pokok proses, berikut ini disajikan perbedaan metode harga pokok proses dengan harga pokok pesanan.
Pengumpulan Biaya Produksi. 
Metode harga pokok pesanan mengumpulkan biaya produksi menurut pesanan, sedangkan metode harga pokok proses mengumpulkan biaya produksi per departemen produksi per periode akuntansi.

Perhitungan Harga Pokok Produksi Per Satuan. 
Metode harga pokok pesanan menghitung harga pokok produksi per satuan dengan cara membagi total biaya yang dikeluarkan untuk pesanan tertentu dengan jumlah satuan produk yang dihasilkan dalam pesanan yang bersangkutan.

Penggolongan Biaya Produksi
Didalam harga pokok pesanan, biaya produksi harus dipisahkan menjadi biaya produksi langsung dengan biaya produksi tidak langsung. Biaya produksi langsung dibebankan kepada produksi berdasar biaya yang sesungguhnya terjadi, sedangkan biaya produksi tidak langsung dibebankan kepada produk berdasarkan tarif yang ditentukan di muka.

Unsur yang Digolongkan dalam Biaya Overhead Pabrik.
Didalam metode harga pokok pesanan, biaya overhead pabrik terdiri dari biaya bahan penolong,biaya tenaga kerja tidak langsung dan biaya produksi lain selain biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung. Dalam metode ini biaya overhead pabrik dibebankan kepada produk atas dasar tarif yang ditentukan di muka. Di dalam metode harga pokok proses, biaya overhead pabrik terdiri dari biaya produksi selain biaya bahan baku dan bahan penolong dan biaya tenaga kerja (baik yang langsung maupun yang tidak langsung). Dalam metode ini biaya overhead pabrik dibebankan kepada produksi sebesar biaya yang sesungguhnya terjadi selama periode akuntansi tertentu.

Berlangganan via email

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Xclmedia
AUTHOR
1/06/2021 delete This comment has been removed by the author.
avatar

SANGAT MENGHARAPKAN KOMENTAR ANDA..!!! EmoticonEmoticon