Mengapa Perusahaan Harus Menyimpan Kas?

12/23/2011
Mengapa Perusahaan Harus Menyimpan Kas

Mengapa Perusahaan Harus Menyimpan Kas?

Suatu pengertian yang lengkap mengapa dan bagaimana suatu perusahaan menyimpan kas? suatu konsep yang akurat tentang bagaimana aliran kas masuk dan keluar perusahaan. suatu pendapat ekonomi klasik yaitu John Maynard Keynes membagi perusahaan-perusahaan ke beberapa unit ekonomis permintaan untuk kas dalam tiga kategori yaitu:

1. Motif Transaksi
Sisa kas untuk tujuan transaksi, mengembangkan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan kas yang disebabkan oleh kegiatan-kegiatan umum yang dilakukan dalam menjalankan sebuah bisnis. saldo-saldo transaksi digunakan untuk memenuhi aliran kas keluar yang tidak rutin, jumlah relative kas yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan diperngaruhi oleh sejumlah faktor, seperti industri di mana perusahaan berjalan.

2. Motif Berhati-hati
Saldo kas merupakan penyanggah aktiva likuiditas. Motif untuk menyimpan kas berkaitan dengan pemeliharaan saldo kas yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang mungkin ada, tetapi yang belum teridentifikasi. Kemampuan pemeliharaan aliran kas juga memiliki suatu pengaruh yang material atas permintaan perusahaan untuk kas melalui motif berhati-hati.

3. Motif Spekulatif
Kas dipegang untuk tujuan spekulatif yang dapat mengambil manfaat dari situasi menghasilkan laba yang potensial.

Contoh: Perusahaan konstribusi yang membangun tempat tinggal pribadi akan menyampaikan kas pada beberapa waktu sebagai antisipasi atau suatu penurunan yang berarti dari harga-harga kayu. Jika harga bahan-bahan bangunan turun maka perusahaan yang menaikkan jumlah saldo kas memperoleh keuntungan untuk membeli bahan-bahan bangunan tersebut dalam jumlah yang besar.


catatan kampus dari bapak Suryadi Sowinangun

Berlangganan via email

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

3 komentar

Write komentar
ZONA W. M.
AUTHOR
12/24/2011 delete

Nyimak wat nambah2 wawasan,,,
maklum baru kelas 1 smk (akuntnsi)

Reply
avatar
ABOE'S
AUTHOR
12/26/2011 delete

makasih gan.. ntar klo ada yang salah mohon d koreksi ya.. :D

Reply
avatar
Xclmedia
AUTHOR
1/06/2021 delete This comment has been removed by the author.
avatar

SANGAT MENGHARAPKAN KOMENTAR ANDA..!!! EmoticonEmoticon