Pengertian PIUTANG

12/09/2011
Pengertian PIUTANG

Piutang (account receivable) adalah jumlah klaim atau tagihan kepada pihak lain dalam bentuk uang. Tagihan ini bisa dilakukan terhadap individu, perusahaan atau organisasi lainnya. Contoh transaksi transaksi yang menimbulkan piutang antara lain adalah penjualan barang atau jasa secara kredit, pemberian pinjaman kepada nasabah atau karyawan, memberi uang muka pada anak perusahaan.

Sedangkan Harngren dan Harison (1997:42) mengemukakan :

Piutang adalah Suatu aktiva yang timbul karena perusahaan menjual barangnya atau memberikan jasanya kepada para pelanggan dan menerima janji bahwa pelanggan akan memberikan sejumlah uang kepada perusahaan pada suatu waktu dimasa yang akan datang”.

Jenis-jenis piutang

Pada dasarnya piutang dikelompokan menjadi 3 jenis, antara lain sebagai berikut:

1. Piutang Dagang

Piutang dagang adalah tagihan perusahaan kepada pelanggan sebagai akibat tagihan adanya penjualan barang atau jasa secara kredit, dimana taghan tidak disertai dengan surat perjanjian yang formal, akan tetapi karena adanya unsure kepercayaan dan kebijakan perusahaan.

2. Piutang non dagang

Piutang nondagang adalah tagihan perusahaan kepada pihak lain atau pihak ketiga yang timbul atau terjadi bukan karena adanya transaksi penjualan barang dagang atau jasa secara kredit. Berikut ini contoh – contoh piutang non dagang:
  • Piutang biaya. Contohnya: asuransi dibayar dimuka, sewa dibayar dimuka, gaji dibayar dimuka, iklan dibayar dimuka.
  • Piutang penghasilan. Contohnya: piutang jasa, piutang sewa dan piutang bunga
  • Uang muka pembelian ( persekot). Contohnya: pembayaran uang muka pembelian suatau barang yang sebelumnya sudah dipesan terlebih dahulu.
  • Piutang lain – lain. Contohnya: piutang perusahaan kepada karyawan, kelebihan membayar pajak dan piutang perusahaan kepada cabang – cabang perusahaan

3. Piutang wesel

Piutang wesel adalah tagihan perusahaan kepada pihak ketiga atau pihak lain yan menggunakan perjanjian secara tertulis dengan wesel atau promes.

Berlangganan via email

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

SANGAT MENGHARAPKAN KOMENTAR ANDA..!!! EmoticonEmoticon