Monday, June 13, 2011

Laba Ditahan

LABA DITAHAN (RETAINED EARNINGS)


Retained earnings adalah kumpulan laba yang diperoleh dari operasi, nonoperasi dan hal-hal luar biasa yang belum dibagikan kepada pemegang saham.. Pemegang saham menanggung risiko terbesar  dalam operasi perusahaan dan memikul  kerugian atau  mendapat keuntungan dari aktivitas perusahaan. Setiap laba yang tidak dibagikan kepada pemegang saham akan  menjadi tambahan ekuitas pemegang saham, Rekening-rekening yang menaikkan dan menurunkan RE.
Laba Ditahan

Berkurang karena

Bertambah karena

Rugi bersih;
Koreksi kesalahan
Dividen tunai atau skrip; Dividen harta, saham dan beberapa      transaksi saham treasuri

Laba bersih;
Penyesuaian periode sebelumnya (koreksi kesalahan) perubahan SAK
Penyesuaian akibat kuasi reorganisasi



DIViDEND POLICY (Kebijakan dividen)
Sangat sedikit perusahaan membayar dividen dengan jumlah yang sama dengan  laba ditahan yang tersedia secara legal,  Alasannya:
-          Agreement (bond convenants), kontrak obligasi dengan kreditur untuk proteksi tambahan
terhadap kemungkinan kerugian;
-          Some state corporation laws require; beberapa hokum negara tidak mengizinkan untuk diumumkan sebagai dividen karena laba ekuivalen dengan biaya saham treasury;
-          Desire to retain assets that would otherwise – to finance growth or exparsion, keinginan untuk menahan aktiva tidak sebagai dividen, tetapi untuk pertumbuhan atau ekspansi.
-          Keinginan untuk memperlancar pembayaran dividen dari tahun ke tahun dengan mengakumulasi laba dalam tahun-tahun yang menghasilkan laba.
-          Keinginan untuk membentuk pelindung atau penyangga terhadap kemungkinan kerugian atau kesalahan dalam kalkulasi laba



Klik Download untuk File Doc.