Laporan Keuangan Perusahaan Dagang

6/30/2011

Laporan Keuangan (Financial Statement) perusahaan dagang - Yang pokok terdiri atas laporan laba/rugi, laporan perubahan, neraca, dan laporan arus kas.

Laporan Laba/Rugi (Income Statement)

Laporan laba/rugi merupakan ikhtisar pendapatan dan beban selama periode tertentu. Laporan laba/rugi dapat disajikan dalam dua bentuk, yaitu laporan laba/rugi bentuk multiple steps dan laporan laba/rugi bentuk single step. Dalam laporan laba/rugi bentuk single step, unsur-unsur pendapatan dan beban disajikan secara keseluruhan. Adapun dalam laporan laba/rugi bentuk multiple steps, unsur-unsur pendapatan dan beban dibagi menjadi beberapa bagian. Laporan laba/rugi bentuk single step dan multiple steps disajikan seperti berikut.

Laporan Laba/Rugi Bentuk Single Step:

Laporan Laba Rugi Bentuk Single Step

Laporan Laba/Rugi Bentuk Multiple Steps:
Laporan Laba Rugi Bentuk Multiple Steps

Laporan Laba Rugi Bentuk Multiple Steps 2

Laporan Perubahan Modal (Capital Statement)

Laporan perubahan modal, yaitu ikhtisar perubahan modal pemilik yang terjadi selama periode tertentu. Komponen penghitungan dalam laporan perubahan modal terdiri atas modal awal, laba bersih, periode berjalan, pengambilan pribadi (prive), dan modal akhir. Berikut disajikan contoh bentuk laporan perubahan modal.
laporan perubahan modal

Neraca (Balance Sheet)

Neraca adalah daftar aktiva, kewajiban, dan modal pemilik pada tanggal tertentu. Bentuk neraca dapat disusun dalam dua bentuk, yaitu bentuk skontro dan bentuk laporan. Pada umumnya perusahaan menggunakan neraca bentuk laporan. Berikut disajikan contoh neraca bentuk skontro dan laporan.

Neraca Bentuk Skontro:
Neraca bentuk skontro

Neraca Bentuk Laporan:
Neraca bentuk laporan
Neraca bentuk laporan 2

Laporan Arus Kas (Cash Flow Statement)

Laporan arus kas adalah laporan yang menggambarkan jumlah kas yang diterima, seperti pendapatan tunai dan investasi tunai dari pemilik serta jumlah kas yang dikeluarkan perusahaan, seperti beban-beban yang harus dikeluarkan, pembayaran utang, dan pengambilan prive. Secara sederhana, bentuk laporan arus kas disajikan seperti berikut.
Laporan arus kas

Baiklah jika sudah mengetahui langkah-langkahnya anda juga boleh membaca artikel selanjutnya yaitu contoh laporan keuangan 

Berlangganan via email

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Xclmedia
AUTHOR
1/06/2021 delete This comment has been removed by the author.
avatar

SANGAT MENGHARAPKAN KOMENTAR ANDA..!!! EmoticonEmoticon