Laporan laba Rugi dan Informasi Lain yang Berhubungan dengan Laba Rugi

11/09/2011
Laporan laba Rugi dan Informasi Lain yang Berhubungan dengan Laba Rugi


Laporan Laba Rugi

Laporan Laba Rugi (Income Statement) yang juga sering disebut statement of income atau statement of earnings adalah laporan yang mengukur keberhasilan operasi perusahaan selama periode waktu tertentu. Laporan laba rugi menyediakan informasi yang diperlukan oleh para investor dan kreditor untuk membantu mereka memprediksikan jumlah, penetapan waktu dan ketidakpastian dari arus kas masa depan. Kegunaan Laporan Laba Rugi
  1. Mengevaluasi kinerja masa lalu perusahaan
  2. Memberikan dasar untuk memprediksi kinerja masa depan
  3. Membantu menilai risiko atau ketidakpastiani pencapaian arus kas masa depan
Keterbatasan Laporan Laba Rugi
  1. Pos-pos yang tidak dapat diukur secara akurat tidak dilaporkan dalam laporan laba rugi
  2. Angka-angka laba dipengaruhi oleh metode akuntansi yang digunakan
  3. Pengukuran laba yang melibatkan pertimbangan.

Kualitas Laba

Pengelolaan laba sering didefinisikan sebagai perencanaan waktu pendapatan, beban, keuntungan dan keinginan untuk mengurangi gejolak laba. Pengelolaan laba juga dapat digunakan untuk menurunkan laba tahun berjalan dalam rangka menaikkan laba masa depan. Pengelolaan laba semacam itu memiliki dampak negatif terhadap kualitas laba (quality of earnings) jika hal itu mendistorsi informasi yang terdapat laporan laba rugi sedemikian rupa sehingga mengurangi manfaatnya untuk tujuanj peramalan laba dan arus kas masa depan. Laba akuntansi merupakan hasil penerapan sistem akuntansi dasar akrual, yang mencatat transaksi sesuai dengan aturan pengukuran yang ada. Karena laba akuntansi umumnya didasarkan atas biaya historis, maka relevansinya tidak selalu seperti yang diharapkan. Dan karena umumnya pencatatan dilakukan setelah transaksi terjadi, maka laba yang dilaporkan tidak selalu tepat waktu.
Secara konseptual, laba ekonomi merupakan jumlah sumber daya yang dapat di konsumsi atau digunakan perusahaan selama suatu periode dengan mempertahankan kekayaan pada akhir periode minimal sama dengan awal periode. Karena laba ekonomi sering membutuhkan estimasi, maka keandalannya tidak selalu seperti yang diharapkan. 
Kualitas laba dapat dipengaruhi oleh pilihan manajemen diantara berbagai aturan pengukuran akuntansi alternatif yang dapat diterima. Penundaan pengakuan pendapatan serta mempercepat pengakuan beban, secara umum dipandang akan menghasilkan angka laba dengan kualitas yang lebih tinggi.
Prinsip pengungkapan penuh mensyaratkan bahwa semua informasi yang relevan dalam bisnis perusahaan dilaporkan pada laporan keuangan, termasuk catatan pengungkapan. 
Dua format umum penyajian informasi dalam laporan laba rugi yang tidak secara spesifik diatur standar akuntansi, adalah format dan bertahap.
Format tunggal hanya menggunakan dua klasifikasi besar dalam penyajiannya : bagian pendapatan dan keuntungan serta bagian beban dan kerugian. Total beban dan kerugian dikurangkan dari total pendapatan dan keuntungan untuk menentukan jumlah laba bersih. Format laporan laba rugi bertahap menyajikan komponen pendukung laba, seperti laba kotor, laba dari operasi berkelanjutan. Format bertahap dirancang untuk menekankan hubungan yang penting pada berbagai kategori pendapatan dan terkait.
Pos-pos luar biasa berasal dari transaksi atau kejadian yang jarang terjadi dan juga tidak biasa. Pos ini harus dilaporkan, setelah pengaruh pajak penghasilan sebagai komponen laba yang terpisah, dan ditempatkan setelah laba dari operasi berkelanjutan. Keuntungan atau kerugian yang berasal dari penjualan atau pelepasan segmen perusahaan yang kegiatannya menunjukkan lini usaha utama atau kelas konsumen terpisah yang harus dilaporkan, setelah pengaruh pajak penghasilan, sebagai komponen laba yang terpisah, ditempatkan setelah laba dari operasi berkelanjutan dan sebelum pos-pos luar biasa. 
Pengaruh kumulatif perubahan prinsip akuntansi harus dilaporkan pada laporan laba rugi, setelah pengaruh pajak penghasilan, sebagai komponen laba terpisah dan ditempatkan setelah pos-pos luar biasa.
Alokasi pajak intraperiode merupakanalokasi total beban pajak penghasilan untuk suatu periode diantara laba dari operasi berkelanjutan dan pos-pos lainnya yang memiliki pengaruh pajak penghasilan tetapi dilaporkan terpisah dalam laporan laba rugi. Laporan alba ditahan melaporkian semua perubahan laba ditahan selama periode tersebut, termasuk penyesuaian sebelumnya (setelah pajak), laba atau rugi bersih dan pengumuman dividen. Jumlah laba per saham perlu dilaporkan pada laporan laba rugi untuk (a) laba dari operasi berkelanjutan, (b) pengaruh kumulatif perubahan prinsip akuntansi, jika ada dan (c) laba bersih. Kebanyakan perusahaanjuga melaporkan jumlah per saham untuk operasi yang dihentikan dan pos-pos luar biasa.

Format Laporan Laba Rugi

Laba bersih berasal dari transaksi pendapatan, beban, keuntungan dan kerugian. Transaksi-transaksi ini diiktisarkan dalam laporan laba rugi. Metode pengukuran laba ini dikenal sebagai pendekatan transaksi (transaction approach).


Laporan Laba Rugi Bentuk Langsung

Laporan laba rugi bentuk langsung (single step income statement) hanya ada dua pengelompokkan : yaitu pendapatan dan beban. Beban dikurangkan dan pendapatan untuk menghitung laba atau rugi bersih. Keunggulan utama format langsung terletak pada kesederhanaan penyajian tidak adanya implikasi bahwa satu jenis pos pendepatan atau beban lebih diprioritaskan dari yang lainnya. 
Contoh laporan laba rugi bentuk langsung :




Laporan Laba Rugi Bertahap

Laporan laba rugi bertahap (multiple step income statement) memperlihatkan dua klasifikasi : 1) Pemisahan hasil operasi yang diperoleh melalui aktivitas sekunder atau non operasi perusahaan, dan 2) Klasifikasi beban menurut fungsi, seperti perdagangan atau manufaktur dan administrasi.

Berlangganan via email

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
kerozzi
AUTHOR
9/30/2013 delete

sangat menarik

Reply
avatar
Xclmedia
AUTHOR
1/06/2021 delete This comment has been removed by the author.
avatar

SANGAT MENGHARAPKAN KOMENTAR ANDA..!!! EmoticonEmoticon