Pembagian Akuntansi Menurut Bidangnya

7/13/2011
Pembagian Akuntansi Menurut Bidangnya

PEMBAGIAN AKUNTANSI MENURUT BIDANGNYA

a. Bidang Akuntansi Berdasarkan Tujuannya

  • Akuntansi keuangan (financial accounting) adalah bidang akuntansi yang tujuannya mengolah data keuangan menjadi laporan keuangan untuk pihak intern dan ekstern.
  • Akuntansi biaya (cost accounting) adalah bidang akuntansi yang menyiapkan data transaksi keuangan yang berhubungan dengan biaya-biaya dalam proses produksi untuk penetapan harga pokok barang yang diproduksi.
  • Akuntansi perpajakan (tax accounting) adalah bidang akuntansi yang tujuan laporan keuangannya untuk dasar penentuan pajak yang menjadi beban perusahaan serta perhitungan untuk kepentingan penyusunan laporan pajak.
  • Akuntansi anggaran (budgetary accounting) adalah bidang akuntansi yang memiliki tugas untuk menyusun anggaran pada periode tertentu di masa yang akan datang dan membandingkan hasil operasi dengan rencana yang telah ditetapkan.
  • Akuntansi pemeriksaan (auditing) adalah akuntansi yang memiliki wewenang untuk memeriksa secara bebas atas data-data akuntansi dengan maksud meneliti kecermatan, kebenaran, catatan bukti transaksi perusahaan dan menilai kebenaran laporan keuangan periode tertentu.
  • Akuntansi pemerintahan (government accounting) adalah bidang akuntansi yang mengkhususkan diri dalam pencatatan dan pelaporan data keuangan yang terjadi pada badan-badan pemerintahan.
  • Akuntansi manajemen (management accounting) adalah bidang akuntansi yang menyediakan informasi untuk pihak manajemen untuk membuat neraca guna mendukung operasi sehari-hari dan membuat kebijakan untuk masa yang akan mendatang.
  • System informasi akuntansi (accounting system) adalah bidang akuntansi yang menetapkan prosedur dan pengendalian data keuangan sehingga proses pencatatan akuntansi dapat berjalan dengan cepat, efektif dan efesien.

b. Bidang Akuntansi Berdasarkan Profesi

  • Akuntan public (public accounting), biasa disebut akuntan ekstern atau auditor eksternal adalah akuntan independen (swasta) yang menyediakan jasa kepada pihak yang membutuhkan. Untuk dapat berprofesi sebagai akuntan public, seseorang harus memiliki ijin dari kementerian keuangan. Di Indonesia akuntan public tergabung dalam organisasi IAPI (Institut Akuntan Public Indonesia). Contoh kantor akuntan public : PWC, EY, Delloite dll.
Tugas akuntan public diantaranya :
  1. a. melakukan pemeriksaan (auditing)
  2. b. memberi jasa perpajakan (tax service)
  3. c. memberikan jasa akuntansi (accounting services)
  4. d. memberikan jasa konsultasi manajemen (management advisory services)
  • Akuntan intern (private accountant) , biasa disebut akuntan manajemen atau auditor internaladalah akuntan yang bekerja di sebuah perusahaan dan menjadi bagian dari perusahaan tersebut. Para akuntan manajemen di Indonesia tergabung dalam organisasi IAMI (Ikatan Manajemen Akuntansi Indonesia).
Tugas akuntan intern sebagai berikut :
  1. menyusun system akuntansi
  2. menyusun laporan keuangan yang ditujukan untuk kepentingan pihak intern dan ekstern
  3. menyusun anggaran
  4. menangani masalah perpajakan
  5. melakukan pemeriksaan internal
  • Akuntan pemerintahan (government accountant) adalah akuntan yang bekerja pada badan pemerintah, perusahaan negara, bank pemerintah, Direktorat Jenderal Pajak, dan Direktorat Jendral Pengawasan Keuangan Negara. Para akuntan pemerintah tergabung dalam IAI-KASP (Ikatan Akuntan Indonesia Kompartemen Akuntan Sector Publik).
  • Akuntan pendidik adalah akuntan yang bertugas dalam pendidikan akuntansi yaitu mengajar, menyusun kurikulum dan melakukan penelitian di bidang akuntansi. Di Indonesia, para akuntan pendidk tergabung dalam IAI-KAPD (Ikatan Akuntan Indonesia Kompartemen Akuntan Pendidik).

Berlangganan via email

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
Aboe Romero
AUTHOR
7/13/2011 delete

:gotkp gan...

Reply
avatar
Xclmedia
AUTHOR
1/06/2021 delete This comment has been removed by the author.
avatar

SANGAT MENGHARAPKAN KOMENTAR ANDA..!!! EmoticonEmoticon